Follow me on Academia.edu

Pelayanan Pasien Rawat Jalan

mars Clinic | Software Rumah Sakit | marsonline

Salah satu modul software rumah sakit marsonline yang memiliki fungsi membantu unit kerja pelayanan pasien rawat jalan, dengan fasilitas meliputi:

Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Pada layar pendaftaran rawat jalan dapat ditemukan fasilitas meliputi:

*     Pencatatan identitas pasien baru, namun apabila nomor rekam medis pasien sudah pernah tercatat pada database master data pasien, maka secara otomatis data pasien akan ditampilkan.

*     Pencarian data pasien, dengan fasilitas kunci pencarian dengan menggunakan sebagian digit nomor rekam medis, atau menggunakan sebagian digit karakter nama pasien, atau menggunakan tanggal lahir atau menggunakan sebagian digit karakter alamat pasien. Pencarian dengan menggunakan sebagian digit karakter, menyebabkan hasil pencarian bisa ditemukan berupa daftar yang memiliki relevansi dengan digit karakter yang digunakan sebagai kunci pencarian. Misal mencari sebagian nomor rekam medis dengan awalan 0067, maka semua nomor rekam medis dengan awalan 0067 akan ditampilkan dalam sebuah daftar.


Setiap memilih salah satu pasien maka ditampilkan informasi identitas pasien, disertai informasi penting lainnya, seperti:

*     Jaminan pelayanan apa saja yang berlaku pada kelompok pasien yang tentu berbeda dengan kelompok pasien lainnya.

*     Riwayat Kunjungan pasien bersangkutan, ditampilkan informasi kapan, jenis kunjungan apa, tujuan fasilitas pelayanan apa, dan siapa dokter yang merawatnya.

*     Ditambahkan pula fasilitas, pada saat pendaftaran pasien rawat jalan, berupa catatan tentang keluhan pasien, atau tentang informasi alergi, atau informasi apa saja dari pasien, yang bisa dicatat oleh petugas pendaftaran, dan catatan ini secara otomatis akan tampil pada layar petugas pelayanan medis pada saat melayani pasien bersangkutan di unit kerja pelayanan medis.


Proses pendaftaran, praktis hanya mengisi dua kolom, yakni kolom tujuan unit rawat jalan, dan kolom nama dokter. Dengan memilih salah satu unit rawat jalan, maka kolom nama dokter hanya tampil daftar nama dokter yang melayani unit rawat tujuan tersebut saja. Misal tujuan berobat pasien ke klinik spesialis penyakit dalam, maka kolom nama dokter hanya ditampilkan daftar nama dokter dengan spesialisasi penyakit dalam (internist). Hasil dari proses pendaftaran pasien rawat jalan, akan menghasilkan daftar kunjungan berupa antrian pasien rawat jalan per masing-masing tujuan pasien berobat, dan per dokter rawat-nya.

Tampilan layar pendaftaran pasien rawat jalan, seperti berikut ini:

software rumah sakit marsonline pelayanan pasien rawat jalan

Rekapitulasi Kunjungan Pasien Rawat Jalan

Pada modul software rumah sakit marsonline yang terpasang pada unit kerja rawat jalan, selain fasilitas pendaftaran pasien rawat jalan, ditampilkan rekapitulasi kunjungan pasien rawat jalan, dengan sub modul meliputi:

Daftar Pasien Rawat Jalan - Status Belum Dilayani

Ditampilkan model antrian pasien rawat jalan - status belum dilayani, terkelompok per unit rawat jalan per nama dokter rawat. Pada layar antrian pasien rawat jalan - status belum dilayani, diberikan fasilitas menampung keperluan untuk manangani kasus pasien batal kunjungan berobat - dengan berbagai alasan keterangan beragam.

Fasilitas pembatalan kunjungan pasien rawat jalan, dengan keterangan seperti layar berikut ini:

software rumah sakit marsonline fasilitas batal kunjungan

Sebagai tanda bahwa kunjungan pasien memiliki status batal kunjungan diberi tanda dengan warna merah pada background kolom nama pasien.

Daftar Pasien Rawat Jalan - Status Selesai Dilayani

Daftar pasien rawat jalan dengan status belum dilayani, adalah hasil dari proses pendaftaran pasien rawat jalan, yang selanjutnya dapat di akses oleh petugas unit pelayanan medis. Bagi setiap pasien dalam antrian status belum dilayani, yang sesuai antrian (hal ini dapat diintegrasikan dengan perangkat monitor antrian pasien) akan masuk ruang pelayanan medis, dan akan memperoleh jasa pelayanan dari unit pelayanan medis tersebut.

software rumah sakit marsonline pelayanan pasien rawat jalan

Petugas unit pelayanan medis, akan memilih satu baris daftar pasien dan dengan melakukan double click pada perangkat mouse, maka petugas akan mencatat pelayanan apa saja yang diterima pasien rawat jalan tersebut.

Selanjutnya secara otomatis antrian pasien bersangkutan dari daftar antrian pasien rawat jalan status belum dilayani, akan berpindah ke layar daftar pasien rawat jalan dengan status sudah dilayani, dan pada kolom nama pasien berwarna biru, sebagai tanda telah mendapatkan pelayanan medis dan telah melaksanakan kewajiban pada unit kerja kasir, seperti ditampilkan pada gambar berikut ini.

software rumah sakit marsonline pelayanan pasien rawat jalan

Fasilitas Lain pada modul mars Clinic

Selain kemudahan diatas, fasilitas yang terdapat pada modul mars Clinic sebagai salah satu modul software rumah sakit marsonline, masih terdapat fasilitas kemudahan lain seperti:

*     Bagaimana cara mudah memasukkan jasa di unit kerja pelayanan medis rawat jalan, untuk masing-masing pasien?, meliputi jasa medis, jasa non medis dan jasa paket.

*     Bagaimana cara mudah memasukkan data catatan medis pasien seperti diagnosa dan therapi dokter, untuk setiap unit pelayanan medis berdasarkan spesialisasi masing-masing unit kerja?.

*     Bagaimana cara order pelayanan unit kerja penunjang medis per pasien rawat jalan, karena dibutuhkan pemeriksaan jasa penunjang medis seperti laboratorium, radiologi atau penunjang medis lain?.

*     Bagaimana cara dokter - menerbitkan resep dokter (terkontrol apakah stok obat tersedia atau tidak), hal ini otomatis tampil pada layar unit kerja Apotek, dan proses penyediaan obat / alkes sesuai resep dokter akan mempersingkat waktu tunggu pasien rawat jalan dalam memperoleh obat / alkes sesuai yang diresepkan dokter rawat-nya?.

*     Bagaimana kemudahan melihat informasi medical billing per pasien rawat jalan.

*     Bagaimana mengelola stok barang farmasi, barang logistik yang diberikan ke pasien rawat jalan?.

*     Bagaimana cara order stok barang ke unit pengelola stok barang rumah sakit?.


Semua kemudahan diatas, telah lengkap tersedia dan secara perlahan akan memenuhi materi artikel web middlesoft, dan hal ini baru dari satu modul pelayanan pasien rawat jalan saja.

Untuk semua kemudahan itu, marsonline menawarkan produk software rumah sakit ini dengan prioritas meliputi wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Gresik, Lamongan dan Bangkalan dengan diskon 40%.

Semoga bermanfaat.

Kembali ke - Daftar Isi Blog Software Rumah Sakit

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Forum Diskusi

Forum Diskusi
Alat Bantu Utama Operasional Manajemen Rumah Sakit
marsonline Email News

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari middlesoft.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner