Follow me on Academia.edu

Macrosoft Middlesoft Microsoft

sistem informasi berbasis webIde pengembangan sistem terpadu penggabungan seluruh bidang pemenuhan kebutuhan hidup seluruh masyarakat - Rakyat Indonesia, merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah saat ini, maupun pemerintahan berikutnya, karena meliputi semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Artikel dengan judul aneh - Terlepas dari ketiga komponen software sistem - mungkin merupakan merk atau brand sebuah perusahaan atau produk tertentu, maka maksud tujuan ide ini disebarkan bukan menyangkut hal-hal itu, melainkan murni hanya mencari kemudahan menemukan sebuah penamaan istilah penyebutan "sesuatu" yang belum tahu namanya.

Sistem Informasi Berbasis Web

Gabungan sistem informasi berbasis web meliputi pemenuhan kebutuhan hidup warga negara sebuah negara berdaulat, yang dapat diperinci menjadi 3 kelompok besar sistem, meliputi:

*     Macrosoft - software sistem informasi berbasis web yang dikelola negara, dalam hal ini adalah Departemen Dalam Negeri.

*     Middlesoft - software sistem informasi berbasis web, dengan institusi pengelola sistem terdiri dari:
       =      Institusi Kementrian Negara, sesuai bidang tugas fungsi sebagai penyelenggara negara.
       =      Perusahaan Skala Besar, sesuai bidang bisnis yang dikelolanya.

*     Microsoft - software sistem informasi berbasis client server dengan penyelenggara berupa institusi pelaksana teknis lapangan.


Karena marsonline memiliki latar belakang bidang pengelolaan software rumah sakit, maka gambaran besar ide gabungan pengembangan sistem informasi berbasis web tersebut, dapat digambarkan sebagai berikut:

sistem informasi berbasis web
Asumsi diambil dengan latar belakang keberhasilan program pemerintah dalam mengelola database kependudukan, yang tentu didalamnya terdapat satu komponen utama yakni nomor unik berupa Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

Melalui software kategori Macrosoft dengan hasil akhir berupa database kependudukan yang dikelola Depdagri, NIK penduduk terhubung ke Nomor Unik Middlesoft (NUM) pada software kategori Middlesoft, selanjutnya NIK dan NUM akan terhubung ke Nomor Unik Pasien (NUP) sistem database software kategori Microsoft di semua rumah sakit yang dikelolanya.

Menurut artikel Wikipedia - https://id.wikipedia.org/wiki/Nomor_Induk_Kependudukan - NIK terdiri dari 16 digit. Kode penyusun NIK terdiri dari 2 digit awal merupakan kode provinsi, 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten, 2 digit sesudahnya kode kecamatan, 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40), lalu 4 digit terakhir merupakan nomor urut yang dimulai dari 0001.

Sebagai contoh, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Apabila ada orang lain (perempuan) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. Apabila ada orang lain (laki-laki) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 170890 0001.

Tidak seperti pada format komposisi NIK, yang menurut marsonline masih memiliki kelemahan terhadap efektifitas waktu proses penerbitan NIK baru - jika terjadi perpindahan domisili antar propinsi.

Pada format komposisi NRM - Nomor Rekam Medis pasien bersangkutan tidak berubah walau pasien berpindah-pindah rumah sakit, karena pada modul sistem software rumah sakit telah memiliki tabel site lokasi rumah sakit, artinya NRM dan kode site akan tercatat pada database rumah sakit, pada saat pasien melakukan kunjungan ke salah satu fasilitas rumah sakit.

Seharusnya demikian pula untuk NIK penduduk tetap tidak berubah, walau pindah lokasi tugas kerja bawa anak istri - masih harus ditambah repot dengan masalah administrasi data kependudukan.

Manfaat jika NIK tidak berubah-rubah, artinya NIK tetap - namun yang beda-beda adalah kode lokasi kejadiannya, sehingga saat seseorang melakukan atau mengurus apapun dimanapun, kode NIK tetap yang beda adalah kode site-nya.

misal kronologi seseorang butuh pelayanan kesehatan - salah satu pemilik NIK diatas berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin di Kota Bandung.

Petugas Unit Pendaftaran RSHS, memasukkan NIK KTP pasien bersangkutan, ide sistem software rumah sakit idaman - seharusnya dapat menampilkan informasi tentang data nomor unik pelayanan kesehatannya, apakah sudah memiliki atau belum.

*     Jika belum memiliki - maka dapat diterbitkan Nomor Rekam Medis - artinya penduduk bersangkutan baru pertama kali membutuhkan pelayanan kesehatan di Negara tercinta ini.

*     Jika sudah memiliki - maka software idaman, dapat menampilkan riwayat kunjungan ke rumah sakit mana saja, dan jika lebih detail bisa dilacak ke unit pelayanan rawat apa saja, dan siapa saja dokter yang melayani, berikut dengan catatan medis berupa diagnosa dan therapi penanganannya. (jika catatan manual masih dibutuhkan - maka catatan medis itu untuk disimpan oleh rumah sakit bersangkutan - namun isinya harus sudah masuk database agar rumah sakit lain atau pihak terkait lain dapat mengetahui jika dibutuhkan).

Pada saat proses pendaftaran inilah, tercatat pada database meliputi NIK, NUM berupa NRM, NUP berupa NRM (NUM dan NUP bisa berbeda atau sama - tergantung jenjang kategori pelayanan yang diambil penduduk bersangkutan - bisa pelayanan kesehatan - bisa pelayanan keamanan diri - bisa pelayanan pendidikan - perumahan - pekerjaan - dan semua kebutuhan hidup warga negara).

Apabila pasien bersangkutan selesai dan pada waktu lain berobat ke Rumah Sakit Siloam Balikpapan - maka NRM tetap tidak berubah, hanya kode site rumah sakit yang membedakan, dalam contoh diatas selain NRM dan RSHS pada saat berobat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, saat berobat di Rumah Sakit Siloam Balikpapan - maka kode yang tercatat selain NRM diikuti kode SHBP (singkatan dari Siloam Hospitals Balikpapan).

Ide sederhana ini, mungkin sudah ada roadmap dan blueprint-nya pada institusi yang membidangi Sistem Kependudukan, khususnya bidang tugas tentang - "bagaimana secara efektif efisien akurat Pemerintah Indonesia mampu melayani kebutuhan warga negara - Rakyat Indonesia". Kapan terwujud? - 2 tahun lagi, 5 tahun lagi, atau 10 tahun lagi? - Apakah pemerintahan saat ini, atau berikutnya tetap tegak tidak risih - karena negara lain sudah memilikinya puluhan tahun lalu.

Jika Pemerintah sedikit kreatif banyak tersedia para idealis mumpuni negeri ini, infrastrukturnya? - gampang saja - google bisa - facebook bisa - twitter bisa - masak Indonesia tidak bisa menyediakan fasilitas informasi tentang pelayanan kebutuhan hidup rakyat sendiri.

Kembali ke - Daftar Isi Blog Software Rumah Sakit

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Forum Diskusi

Forum Diskusi
Alat Bantu Utama Operasional Manajemen Rumah Sakit
marsonline Email News

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari middlesoft.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner