Follow me on Academia.edu

Software Program Rumah Sakit

Proposal Penawaran

Proposal penawaran software rumah sakit kepada khalayak umum terutama institusi rumah sakit atau perusahaan software house.


marsonline software rumah sakit
Sebagai informasi bahwa marsonline terlahir dari sebuah ide usaha untuk menyediakan alat bantu operasional rumah sakit berbahasa Indonesia, yang pada awal tahun 2000 belum tersedia di pasaran.

Pada awal tahun 2000, ide usaha diwujudkan dalam bentuk proposal penawaran pembangunan software program rumah sakit, disebarkan ke berbagai perusahaan teknologi informasi piranti lunak.

Dari sekian banyak perusahaan ternyata ada yang memberikan tanggapan positif, yakni PT. Myoh Dot Com, yang memiliki produk unggulan utama berupa sistem software bidang bisnis perhotelan.

Singkat cerita akhirnya terbentuk satu anak perusahaan baru, yang diberi nama PT. Marsonline dengan tugas utama membuat produk software program khusus bidang bisnis rumah sakit.

Namun belum genap dua tahun dari kelahiran PT. Marsonline, ternyata perjalanan bisnis induk perusahaannya yakni PT. Myoh Dot Com mengalami kesulitan finansial, membawa imbas dampak ke semua anak perusahaan yang dibawahinya.

Kekuatan finansial PT. Marsonline yang belum sepenuhnya memiliki kemampuan untuk menghidupi diri, berakhir dengan ditutupnya perusahaan PT. Marsonline, dan selanjutnya marsonline menjadi sebuah nama produk software rumah sakit yang dalam perjalanan bisnisnya dikerjakan secara independen dengan memakai payung perusahaan lain.

Bagaimana marsonline bisa masuk ke jajaran bisnis rumah sakit Siloam Hospitals Group?.

Untuk memberikan jawaban pas tentang pertanyaan itu, adalah bahwa marsonline bisa masuk ke salah satu institusi rumah sakit dibawah Siloam Hospitals Group, karena ada berkah "Tangan Tuhan". ...Lha kok bisa?, namun begitulah kondisi kenyataannya.

Untuk bisa masuk ke sebuah institusi besar sekelas Siloam Hospitals Group, tentu pasti tidak mudah, tidak gampang dan tidak mungkin bagi produk software program rumah sakit dari vendor pengembang independen dimana perusahaan berbadan hukum-pun tidak dimilikinya.

Tapi kenyataan bahwa sejak tahun 2007 hingga saat waktu artikel ini diterbitkan, produk marsonline masih mampu membuktikan kehandalan dan keunggulan manfaatnya, sebagai alat bantu utama operasional pada salah satu cabang rumah sakit Siloam Hospitals Group di kota Balikpapan - Kalimantan Timur.

Apabila pada kenyataan berikutnya, kelak suatu waktu produk sistem marsonline harus dicopot, maka dipastikan dasar keputusan pencopotan tersebut, bukan karena kehandalan produk sistem marsonline "diragukan" oleh jajaran manajemen Siloam Hospitals Group, melainkan dikarenakan bahwa sejak awal Siloam Hospitals Group, telah memiliki tim hebat yang terdiri dari para profesional berlatar belakang pendidikan bertaraf internasional, dengan tugas khusus membuat produk software program rumah sakit dengan alur ketentuan kultur bisnis, sesuai kultur bisnis internal group perusahaan besar tersebut.

Bagaimana berkah Tangan Tuhan, membuat marsonline mampu bertahan unjuk kehandalan manfaat, sebagai alat bantu utama operasional di salah satu jajaran grup bisnis rumah sakit swasta terbesar di tanah air itu?.

Di awali pada tahun 2007, produk software program sistem marsonline menjadi pilihan terbaik untuk penunjang utama sistem informasi rumah sakit, pada saat itu bernama Rumah Sakit Balikpapan Husada (RSBH).

Hingga tahun 2010, bisnis rumah sakit RSBH di akuisisi Siloam Hospitals Group, berubah nama menjadi Siloam Hospitals Balikpapan (SHBP).

Suatu hal wajar setelah proses akuisisi, dilanjutkan proses merubah semua kondisi tradisi kultur bisnis rumah sakit lama, menjadi kultur bisnis rumah sakit Siloam Group.

Perubahan kultur bisnis, dilakukan pada semua sektor unit kerja rumah sakit lama, termasuk didalamnya produk software program sistem informasi rumah sakit yang menjadi tulang punggung operasional rumah sakit lama, dan dipastikan bahwa pada setiap ada proses akuisisi rumah sakit, pasti dilakukan pencopotan dan software program rumah sakit diganti pada saat itu juga. 

Namun berkah Tangan Tuhan, ternyata masih memberikan perlindungan pada produk software program sistem marsonline, karena sesuai kenyataan - luput dari proses pencopotan, karena proses penilaian ternyata produk sistem software program rumah sakit - marsonline memiliki "sesuatu" yang menurut pertimbangan, masih memiliki nilai aset penting untuk tetap dipertahankan.

Salah satu bukti nilai aset penting marsonline untuk tetap dipertahankan, adalah marsonline terbukti memiliki kemampuan adaptasi cepat, terhadap perubahan alur kultur bisnis Siloam Hospitals Group.

Hal terakhir terbukti saat Pemerintah memberlakukan sistem BPJS Kesehatan, marsonline mampu beradaptasi dengan cepat dan tidak menimbulkan masalah baru.

Kompleksitas kerumitan sistem BPJS Kesehatan tidak hanya pada sistem operasional harian pada unit kerja front office dengan perlakuan clinical pathway plus tarif INA-CBGs nya, melainkan pada sisi back office bagaimana marsonline mampu mengadaptasi diri mengatasi sistem penerbitan jasa medik dokter, dengan kompleksitas kerumitan berbeda-beda dari beragam penanggung biaya medik pasien, diantaranya adalah kelompok pasien peserta BPJS Kesehatan.

Pada tahun 2013, marsonline telah menyelesaikan permintaan agar sistem software marsonline bisa terhubung otomatis dengan peralatan yang ada pada unit kerja Laboratorium, dan akhirnya terbentuk HIS to LIS (Sysmex Indonesia), di SHBP hingga kini berjalan baik.

Pada Juni 2016, marsonline kembali membuktikan mampu memberikan kepuasan terhadap permintaan agar sistem HIS, atau software marsonline agar bisa terhubung dengan peralatan pada unit kerja Radiologi, dan akhirnya terbentuk HIS to RIS PACS HL7 (Meddiff Technologies Pvt. Ltd.), di SHBP hingga kini berjalan baik.

Kini marsonline kembali menebar proposal penawaran - produk software program sistem marsonline yang telah terbukti mampu mengambil peran penting menjadi produk alat bantu operasional sistem informasi rumah sakit di Indonesia.

Proposal penawaran software rumah sakit ini menawarkan jaminan tertib administrasi operasional di semua unit kerja rumah sakit, meliputi tertib data catatan medis pasien, tertib pelayanan medis, tertib penunjang medis, tertib tindakan medis, tertib penanganan sediaan stok barang, tertib tagihan pasien, tertib pembagian jasa medis dokter, tertib pembayaran tagihan pemasok barang, dan semua telah tersedia dalam fasilitas software rumah sakit bernama marsonline.

Link tautan : silahkan gabung komunitas software rumah sakit Jawa Timur.
Link tautan : download - proposal software rumah sakit.
Link tautan : Referensi marsonline - software rumah sakit.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Forum Diskusi

Forum Diskusi
Alat Bantu Utama Operasional Manajemen Rumah Sakit
marsonline Email News

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari middlesoft.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner