Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Query SQL ke Excel lewat Visual Basic

Query SQL ke Excel lewat Visual Basic

Memenuhi kebutuhan operasional rumah sakit, tidak sederhana dan tidak mudah, latar belakang kecanggihan sebuah sistem, apabila tidak bisa menjawab kebutuhan operasional, hanya berakhir menjadi tambahan beban berat bagi manajemen rumah sakit.

Pekerjaan implementasi software rumah sakit, harus mampu memahami alur kinerja kultur bisnis rumah sakit, tidak hanya sekedar memiliki kemampuan programming semata, melainkan harus mampu dalam rancang bangun sistem data base antisipasi kebutuhan jangka panjang operasional rumah sakit kelak kemudian hari.

Banyak contoh website yang menampilkan hasil query sql server yang di export ke excel, namun bagaimana dua kondisi tersebut bisa dimasukkan dalam transaksi melalui program visual basic 6?, ternyata tidak mudah ditemukan.

Namun artikel ini bisa memenuhi kebutuhan programmer visual basic 6 untuk bisa menjawab tantangan otomatisasi hasil query sql server, langsung otomatis membentuk file ekstension excel.

Baca : Mengenal IP Address

Seperti diketahui secara umum bahwa fasilitas excel sangat fleksible memiliki fasilitas kemudahan dalam mengolah data transaksional menjadi format rekapitulasi kebutuhan sesaat bersifat mendadak, dan atau kebutuhan periodikal, menjadikan excel sebagai tumpuan fasilitas yang harus dikuasai oleh para pengolah data di unit back office, seperti unit kerja pengelola stok barang dan pengelola keuangan rumah sakit.

Suka atau tidak suka maka salah satu fasilitas software rumah sakit, harus menyediakan format output dalam bentuk file excel. Sebagai hal mengejutkan ternyata hasil keluaran atau output suatu query sql database agar langsung otomatis dalam format file excel, merupakan kesulitan tersendiri bagi para programmer database kawakan sekalipun.

Kalaupun ada fasilitas query sql dengan output format file excel, ternyata tidak otomatis hasil proses keluaran software rumah sakit, melainkan melalui tahap-tahap penanganan tersendiri diluar software rumah sakit. Artinya untuk menjadi format file excel., maka hasil query sql di copy paste ke worksheet excel, artinya ada tahapan manual sebelum menjadi output format file excel.

Materi berikut sedikit mengupas teknik output query sql langsung otomatis menghasilkan file format excel, dengan judul kolom dapat diatur oleh kemampuan hebat dari visual basic.

Sebagai programmer visual basic mengaktifkan component microsoft excel object library agar bisa menjadi reference programming, tentunya tidak ada kesulitan, dilanjutkan dengan menuliskan script programming, berikut ini :


query sql

Jadi intinya bahwa hasil query sql dimasukkan ke area array yang dipersiapkan ( besar kecilnya sangat tergantung kemampuan memory ), berikut dengan judul kolom masing-masing field yang disertakan dalam query sql.

Selanjutnya hasil query sql tersimpan sementara pada array dipindahkan ke object worksheet yang sebelumnya telah dipersiapkan.


visual basic

Pemasangan judul kolom, dengan kemampuan yang pernah kami buat sebanyak 110 kolom dengan jumlah record data operasional harian berkisar 7.000 sampai dengan 9.000 record atau baris, terbagi dalam beberapa jenis pelayanan rumah sakit bersangkutan.

Dengan diakhiri perintah program visual basic berikut ini, berupa object excel visible true, maka output atau keluaran data hasil query SQL bisa tampil dalam format file excel, sudah tertata rapi, lengkap dengan judul kolomnya.


visual basic 6.0

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca : Software Program SPBU