Follow me on Academia.edu

Referensi Cara Membuat Proposal

Contoh Proposal Pembangunan Rumah Sakit

Disesuaikan bidang keahlian, blog ini menerbitkan posting referensi cara membuat proposal rumah sakit khususnya penerbitan contoh proposal pembangunan rumah sakit. Sebelum masuk dalam materi permasalahan, dengan mengingat bahwa apa yang diharapkan disini adalah ilustrasi membuat proposal penawaran untuk maksud tujuan terjadinya investasi pembangunan rumah sakit dengan nilai investasi relatif besar, maka proposal diharapkan memiliki format penampilan memikat menarik.

Format Proposal

Membuat proposal memiliki seni tersendiri mengingat maksud tujuan menarik perhatian penyandang dana besar agar berkenan melakukan investasi pembangunan rumah sakit.
contoh proposal software marsonline

Diawali penampilan rancangan desain menarik berupa lembar cover sampul proposal, dapat dilanjutkan dengan halaman informasi tentang perincian daftar isi proposal, dengan membaca daftar isi proposal, diharapkan sudah mampu memberikan gambaran tentang alur langkah penyampaian materi proposal pada halaman-halaman berikutnya.

Daftar isi proposal merupakan rangkuman halaman alur informasi permasalahan, rincian penanganan masalah, dan gambaran hasil penanganan masalah, dengan berbagai aspek identifikasi permasalahan.

Didalam pembuatan daftar isi proposal, beberapa permasalahan secara urut dibahas dan diberikan rekomendasi hasil penanganan masalah tersebut, dan aspek permasalahan didalam proposal pembangunan rumah sakit, secara berurutan meliputi :


*     Aspek Pasar dan Pemasaran.
*     Aspek Teknis dan Teknologi.
*     Aspek Manajemen dan SDM.
*     Aspek Hukum dan Legalitas.
*     Aspek Ekonomi dan Keuangan.



Akan lebih baik lagi apabila sebelum masuk dalam materi aspek permasalahan, proposal diberikan satu BAB tersendiri berupa bab pendahuluan, berisi latar belakang, maksud dan tujuan, serta ruang lingkup pembahasan ke lima aspek permasalahan pembangunan rumah sakit.

Bab pendahuluan, merupakan penjelasan tentang latar belakang penerbitan atau pembuatan proposal, berisi hasil survey peluang terhadap pemenuhan kebutuhan bersifat massal, massal dalam artian tentang meningkatnya jumlah masyarakat yang membutuhkan ketersediaan fasilitas rumah sakit, dilengkapi informasi ketersediaan pesaing saat ini.

Dari perbandingan keduanya dirangkum dalam maksud dan tujuan proposal agar bisa memanfaatkan peluang tersebut, dan diakhiri penjelasan ruang lingkup pembahasan bagaimana mengambil peran agar bisa memanfaatkan peluang yang tersedia.

Didalam masing-masing aspek permasalahan, diberikan penjelasan dari mulai identifikasi masalah, penanganan masalah, dan hasil rekomendasi penanganan aspek masalah.

Baca : Sistem Persediaan Barang Rumah Sakit


Dibawah ini adalah contoh isi proposal berdasarkan aspek permasalahannya.

Contoh Isi Proposal

Seperti telah disinggung pada poin alinea format proposal bahwa terdapat lima aspek permasalahan dalam pembangunan rumah sakit, dari kelima aspek permasalahan dipecah lagi menjadi beberapa bagian kemudian masing-masing bagian dapat dituliskan secara detil pembahasan bagian materi proposal, namun pada artikel ini detil pembahasan tidak bisa disertakan mengingat keterbatasan sebuah artikel berbeda dengan penyampaian contoh isi proposal secara lengkap.

Apabila Anda berkenan mendalami dan memiliki contoh isi proposal pembangunan rumah sakit secara lengkap, dapat Anda lihat dan download tanpa dikenakan biaya, cukup ketik alamat email Anda pada kolom subscribe to middlesoftAtom by email.  Setelah itu untuk melihat contoh isi proposal silahkan Anda buka profil pribadi salah seorang pelaku bisnis pembangunan rumah sakit, di halaman linkedin agar dapat langsung berkenalan sekaligus menambah teman. Klik link tautan pelaku pembangunan fasilitas rumah sakit.

Lima Aspek Permasalahan Pembangunan Rumah Sakit

Pasar dan Pemasaran

Aspek Permasalahan Pasar dan Pemasaran, meliputi :

*     Penjabaran materi berupa gambaran umum prospek pasar.

*     Gambaran produk yang dibutuhkan pasar.

*     Analisa peluang yang masih tersedia.

*     Gambaran persaingan baik saat ini dan masa mendatang, dengan dilengkapi informasi data survey secara mendetail, tentang :
       =     Letak geografis.
       =     Kondisi sosial ekonomis.
       =     Analisa Benchmarking, dengan perincian perbandingan beberapa data hasil survey tentang kondisi para pesaing.

*     Teknik dalam penetapan harga.

*     Gambaran dalam pelaksanaan distribusi.

*     Gambaran tentang promosi pemasaran.

*     Gambaran tentang strategi pemasaran.

*     Analisis SWOT, secara detail menggambarkan keuntungan dan kerugian.

*     Gambaran dalam mengambil keputusan strategis.

*     Diakhiri dengan rekomendasi terhadap aspek permasalahan pasar dan pemasaran.


Teknis dan Teknologi

Aspek Permasalahan Teknis dan Teknologi, meliputi :

*     Deskripsi produk, menggambarkan rinci tentang kebutuhan apa saja dalam membangun rumah sakit baru, dan diharapkan telah terpisah dalam kelompok :
       =     Pelayanan medis, baik dari sisi rawat inap, rawat jalan dan rawat darurat.
       =     Penunjang medis.
       =     Tindakan medis.
       =     Penunjang medis dan non medis lain.

*     Peralatan medik dan teknologi, memberikan gambaran umum tentang peralatan standar yang harus tersedia dalam rumah sakit, dilengkapi informasi umur ekonomis masing-masing peralatan.

*     Lokasi rumah sakit, merupakan penjelasan utama tentang pemenangan kompetisi pemanfaatan peluang yang tersedia, dilengkapi rencana pembangunan gedung seperti apa, disertai rencana sarana prasarana gambaran bahwa tata ruang lokasi tersebut memenuhi ketentuan sesuai regulasi dari instansi terkait, dan dalam hal ini adalah Sudin Tata Kota.

*     Analisa Dampak Lingkungan, memberikan penjelasan dampak positif atau negatif terhadap lingkungan sekitar lokasi, sebagai akibat dari pembangunan rumah sakit, dan perincian penjelasannya meliputi aspek teknis dan aspek komunikasi. (tentang materi amdal pembangunan rumah sakit baru ini, akan diterbitkan posting tersendiri).

*     Layout Rumah Sakit, memberikan gambaran tata letak / tata ruang per tingkat lantai (apabila dengan disain gedung bertingkat), informasi jumlah kebutuhan dan luas tiap ruang.

*     Rancangan produk, memberikan gambaran tentang perincian fasilitas sarana prasarana peralatan medis / non medis pada masing-masing ruang dalam design layout rumah sakit.

*     Dari keseluruhan materi pembahasan aspek permasalahan teknis dan teknologi ini, kemudian diberikan gambaran tentang rekomendasi kelayakan pembangunan rumah sakit.


Manajemen dan Sumber Daya Manusia

Aspek Permasalahan Manajemen dan SDM, meliputi :

*     Analisis Stakeholder, didalamnya membahas perincian peran hak dan kewajiban melibatkan banyak pihak dalam Pembangunan Rumah Sakit baru, terkait luasnya bidang spesialisasi yang terlibat didalamnya, maka pembahasan secara umum dapat digambarkan seperti berikut ini :
contoh proposal pembangunan Rumah Sakit

*     Manajemen Waktu, memberikan gambaran kebutuhan waktu pelaksanaan, diawali tahap inisiasi, kemudian diikuti dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan tahap finalisasi.

*     Struktur Organisasi, memberikan penjelasan tentang kebutuhan sumber daya manusia (SDM), dilengkapi dengan perincian penjelasan terhadap jumlah kebutuhan SDM yang akan mengisi dan melakukan operasional terhadap peran hak kewajiban pada masing-masing struktural eselon jabatan.

*     Diakhiri rekomendasi kelayakan terhadap permasalahan aspek manajemen dan SDM.

Hukum dan Legalitas

Aspek Hukum dan Legalitas, meliputi :

*     Bentuk badan hukum dan organisasi yang akan menjadi payung hukum terjadinya kegiatan pembangunan Rumah Sakit.

*     Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, sebagai pedoman operasional kehidupan organisasi.

*     Kelengkapan Perijinan, merupakan kewajiban memenuhi persyaratan administrasi dalam pembangunan Rumah Sakit.

*     Peraturan Pemerintah, merupakan kewajiban memenuhi persyaratan legalitas hukum dalam kegiatan pendirian Rumah Sakit.

*     Diakhiri dengan rekomendasi kelayakan terhadap aspek permasalahan hukum dan legalitas.


Ekonomi dan Keuangan

Aspek Ekonomi dan Keuangan, meliputi :

*     Perkiraan modal kerja, didalamnya terdapat acuan pembahasan aspek Ekonomi dan Keuangan, hal ini memungkinkan tercapainya hasil perkiraan terukur, maka pembahasan didasarkan pada  : 
       =     Identifikasi proyek.
       =     Jadwal rencana proyek.
       =     Asumsi ekonomi yang digunakan.
       =     Struktur pendanaan.
       =     Asumsi konsumen.

*     Asumsi Ekonomi, memberikan gambaran target pencapaian pendapatan utama dalam skala minimal saat operasional.

*     Perkiraan Biaya Investasi, dengan gambaran perincian biaya tahapan pelaksanaan kegiatan proyek, meliputi :
       =     Biaya pembelian lahan.
       =     Biaya konsultasi.
       =     Biaya Konstruksi bangunan.
       =     Biaya pengadaan beragam kebutuhan operasional yang diuraikan secara detail.
       =     Rekapitulasi biaya investasi, sesuai kelompok kegiatan operasional.

*     Perkiraan Biaya Operasional, meliputi biaya tetap mengacu terhadap design struktur organisasi yang ditetapkan, dan biaya variable mengacu perkiraan kebutuhan operasional.

*     Perkiraan Pendapatan, meliputi perincian perhitungan pencapaian target terhadap ketersediaan fasilitas.

*     Perkiraan Arus Keuangan (cashflow), dengan gambaran perincian pengeluaran dan penerimaan periodik tahunan, hingga terjadinya kondisi balik modal (Return of Investment - ROI).

*     Dari penjelasan rinci aspek ekonomi dan keuangan, diakhiri dengan rekomendasi kelayakan terhadap pendirian Rumah Sakit.

Kesimpulan

Dalam contoh proposal pembangunan Rumah Sakit, memberikan contoh gambaran rekomendasi kelayakan dari lima aspek permasalahan pembangunan rumah sakit.

Baca : AMDAL - Analisa Dampak Lingkungan

semoga bermanfaat.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Forum Diskusi

Forum Diskusi
Alat Bantu Utama Operasional Manajemen Rumah Sakit
marsonline Email News

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari middlesoft.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner