Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Benefit Proposal

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Manfaat dan benefit

Ketersediaan software rumah sakit sebagai alat bantu penanganan transaksi administrasi rumah sakit yang dirasakan semakin lama semakin kompleks, terbukti telah mampu mendorong peningkatan mutu kinerja kalangan operator pelayanan kesehatan masyarakat menjadi lebih fokus.
Terbentuknya tertib administrasi didalam pengertian teknologi informasi mengandung dan memiliki nilai manfaat jauh melebihi nilai investasi, dan baru bisa dirasakan / dinikmati secara nyata, setelah implementasi sistem berlangsung dalam periode waktu tertentu.

benefit software rumah sakitTerdapat 5 (lima) sisi kelayakan, untuk mengukur nilai manfaat dan benefit investasi - software rumah sakit, antara lain :

1.       Layak secara hukum dan peraturan.

Sistem aplikasi dikembangkan berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang tercantum dalam Surat Keputusan Ditjen Yan Medik, No. HK.00.05.1.4.5482 tgl 2 Januari 1997.

2.      Layak secara Operasional.

Ditinjau dari sisi ketersediaan perangkat keras (hardware), perangkat jaringan (network), perangkat lunak (software), yang tersedia saat ini, dan ketersediaan master data serta kemampuan SDM dalam mengoperasikan sistem, maka kelayakan operasional telah terpenuhi.

3.      Layak dalam Jadwal Waktu.

Apabila kesiapan perangkat keras (hardware) dan jaringan (network) telah terpasang, ditambah adanya komitmen bersama untuk lancarnya jadwal implementasi, jaminan target operasional sistem secara penuh dalam waktu 16 minggu dapat terwujud.

4.      Layak secara Tehnis.

Hasil survey teknis sistem data base software rumah sakit (marsonline) dengan jam terbang pengalaman operasional penuh, selama lebih dari 5 (lima) tahun, dengan rata-rata 100-250 kunjungan rawat jalan, dan memiliki Bed Occupancy Rate (BOR) rawat inap rata-rata diatas 56%, catatan backup data menghabiskan space kapasitas simpan data transaksional sebesar 7,95 Gbyte.
Apabila 5 tahun operasional telah menghabiskan kapasitas 7,95 Gbyte, maka media perangkat yang memiliki kapasitas simpan data sebesar 40 Gbyte saja, akan layak dan mampu menampung data transaksional hingga jangka waktu 25 tahun kedepan.
Padahal media kapasitas simpan data saat ini sudah sangat jauh lebih besar, maka secara teknis, sistem data base tetap beroperasional normal lebih dari 25 tahun kedepan.

5.      Layak dari sisi Ekonomi.

Berdasarkan perhitungan porto folio rumah sakit yang memilih investasi software rumah sakit (marsonline), nilai investasi pengadaan tertutup nilai kumulatif manfaat - pada tahun pertama.

Contoh Proposal Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit