Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitas pengelolaan keuangan

Sistem Informasi Manajemen Keuangan

Fungsi dan kegunaan
keuanganSebagai alat bantu dalam memberikan kemudahan bagi pelaksana operasional, untuk pekerjaan pengumpulan dan pengolahan data transaksional sistem keuangan perusahaan harian yang terjadi pada tiap-tiap unit kerja institusi pelayanan kesehatan (rumah sakit).
Sistem informasi manajemen keuangan sebagai salah satu fasilitas software rumah sakit yang dikembangkan marsonline, sebagai alat bantu dalam memberikan kepuasan jajaran pimpinan untuk memperoleh informasi atas kondisi transaksi pengelola keuangan yang terjadi secara real time sesuai kebutuhan dan kewenangan.

Fasilitas Sistem Keuangan Perusahaan

Semua modul software rumah sakit (marsonline) dilengkapi fasilitas sistem informasi manajemen keuangan berupa display sistem informasi Billing Pasien, baik catatan detail maupun rekapitulasi, sehingga memudahkan proses pencatatan biaya pasien pada masing-masing unit kerja pelayanan kesehatan.
Akses informasi fasilitas catatan transaksi sistem keuangan perusahaan dibatasi status kewenangan pemakai sistem (user).

Adapun fasilitas pengelolaan keuangan, meliputi :


*    Informasi master tarif jasa pelayanan berbeda-beda, untuk per item jasa pelayanan yang sama, berdasarkan :
         =     Jenis rawat (rawat darurat, rawat jalan, rawat inap atau rawat khusus).
         =     Kelas rawat.
         =     Kondisi darurat (tarif cito).
         =     Kelompok pasien (pasien tunai, pasien peserta asuransi atau pasien jaminan).
         =     Kombinasi jenis rawat, kelas rawat dan kelompok pasien.

*    Pencatatan biaya jasa tindakan bedah operasi dengan klasifikasi jenis tindakan bedah, disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang menyertainya, dapat diedit petugas kamar bedah, dan terkelompok sesuai susunan team bedah yang menangani tindakan bedah.


*     Pencatatan biaya jasa pelayanan dilakukan oleh masing-masing unit kerja pelayanan, yang otomatis terintegrasi lembaran tagihan billing pasien, dan telah berdasarkan :
         =     Jenis rawat (rawat darurat, rawat jalan, rawat inap atau rawat khusus).
         =     Kelas rawat dan kondisi darurat (cito).
         =     Kelompok pasien (pasien tunai, pasien peserta asuransi atau pasien jaminan).
         =     Kombinasi jenis rawat, kelas rawat dan kelompok pasien, berikut nilai jaminan yang berlaku sesuai ketentuan kerjasama yang telah ada.
*     Pencatatan biaya pemakaian stock material pada masing-masing unit kerja pelayanan, dapat dilakukan oleh petugas unit kerja pelayanan tersebut, dan secara otomatis akan dapat ditampilkan dalam lembaran catatan tagihan billing pasien.

*      Multi loket penerimaan kasir, berdasarkan shift kerja.

*     Lembar catatan nilai tagihan atau billing pasien ditentukan kondisi real transaksi yang terjadi pada setiap unit kerja, dengan format berupa rekapitulasi atau detail pelayanan dengan fasilitas dalam bahasa indonesia dan inggris, dan telah terkelompok dalam :
         =     Nilai biaya rumah sakit.
         =     Nilai biaya penunjang medis.
         =     Nilai biaya farmasi.
         =     Nilai biaya dokter.

*     Lembar billing pasien dilengkapi format kelompok pasien tunai, atau pasien jaminan, untuk pasien jaminan, dengan format nilai biaya, nilai jaminan, dan sisa nilai yang harus dilunasi pasien, apabila ada kelebihan biaya atau ada biaya yang tidak dijamin, dan diberikan fasilitas join billing.


*     Kelompok pasien dalam ketentuan tarif dan jaminan dengan plafond yang berlaku.


*     Pelayanan paket rawat, jaminan peserta Askes / Jamsostek, dan jaminan perusahaan, serta Jaminan Program Pemerintah yang berlaku.


*     Penerbitan invoice pasien jaminan, dilengkapi dengan lembar lampiran disesuaikan dengan kebutuhan yang berlaku.

*     Fasilitas pelunasan sebagian atau total piutang biaya pasien.

*     Penerbitan kwitansi sebagian, dan atau kwitansi total piutang biaya pasien.

*     Informasi rekapitulasi harian / bulanan, tentang jumlah (quantity) pelayanan per item jasa pelayanan per u
nit kerja pelayanan.

*     Informasi rekapitulasi dan detail pendapatan harian per unit kerja pelayanan kesehatan.

*     Informasi hubungan diagnosa dan biaya rawat.

*     Penerbitan persetujuan pembayaran jasa medis dokter, dilengkapi parameter nilai prosentase pembagian sesuai kesepakatan masing-masing dokter, berikut pengenaan nilai pajak (PPh 21).

*     Persetujuan pembayaran cicilan atau pembayaran pelunasan hutang supplier.

*     Fasilitas pembayaran honor dokter, dan pembayaran hutang supplier.

*     Fasilitas tentang cara pembayaran tunai, pemakaian kartu debet / kredit, lembar cek, transfer antar rekening.

*     Informasi detail dan rekapitulasi penerimaan kasir.

*     Informasi piutang pasien, jasa medis dokter, hutang supplier (Rekap Aging / Detail).

*     Informasi piutang pasien, jasa medis dokter, hutang supplier (meliputi transaksi baru, transaksi sudah disetujui dan transaksi sudah dilakukan pelunasan / pembayaran).

*     Informasi transaksi arus kas / bank.

*     Proses posting harian atas seluruh transaksi yang terjadi.

*     Penerbitan Jurnal Transaksi, dan penerbitan laporan keuangan (General Ledger).

=====

Baca : Daftar Isi Blog Software Rumah Sakit